Tips Pilih Cat Warna Rumah

Semakin lama semakin banyak orang ingin memiliki warna rumah yang cantik untuk tempat tinggal mereka. Tetapi sayangnya memilih warna yang cocok untuk rumah bukanlah hal yang tepat. Itu sebabnya banyak yang lebih memilih untuk menggunakan warna netral saja untuk rumah mereka.

Tetapi sebenarnya jika sudah tahu tips memilih warna untuk rumah, itu bukan lagi menjadi sebuah kesulitan, loh. Karena itu kali ini kami memiliki beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan untuk memilih cat pada rumah kamu.

Tips Pilih Cat

1.Mulai dari ruangan kecil

Jika belum yakin dengan warna cat yang akan diaplikasikan untuk rumah, bisa mulai dengan mencoba pada suatu ruangan kecil yang ada di rumah, seperti misalnya pada bagian kamar, tembok loroong antar ruangan, atau mungkin tembok yang nantinya direncanakan akan ditutupi oleh wallpaper.

Untuk memilih warna cat ini, sebaiknya sesuaikan dengan warna dasar yang sama dengan warna properti dan furnitur dalam kamar itu, ini bisa membantu memperindah ruang tersebut.

2. Pilih Sesuai Mood

Ketika hendak memilih warna untuk rumah, pertimbangkanlah suasana yang ingin kamu miliki pada ruangan tersebut. Seperti perbedaan mood yang ada pada kamar tidur dan ruang tamu.

3. Perhatikan Pencahayaannya

Sebelum membeli cat, perhatikanlah Light Boxes yang bisa memperlihatkan warna dari cat yang akan kamu pilih. Ini akan menunjukkan seperti apa warna asli dari cat tersebut ketika ia tersorot oleh cahaya yang ada di rumah tersebut. Tentunya ini akan sangat berguna dalam menentukan nuansa ruangan nantinya.

4. Uji Warna

Jika masih belum yakin dengan warna cat yang hendak dibeli, bisa dengan uji warna catnya menggunakan warna yang ada pada papan poster di dalam satu tembok rumah dengan area besar. Cobalah untuk melakukan pertimbangan pada warna yang kuat, tajam, dan lembut. Dengan cara ini memilih cat rumah akan semakin mudah.

5.Tambahkan Dekorasi Menarik

Kunci untuk teknik satu ini adalah tektur pada tembok serta ruangannya. Pilihlah warna-warna yang cerah dan padu-padankan dengan menggunakan barang-barang yang akan serasi dengan warna dari cat rumah kamu.

6. Perhatikan Perbedaan Warna Cat Antar Ruangan

Rumah memiliki banyak ruangan, biasanya pemilik rumah tidak ingin memiliki kesan yang sama dari 1 ruangan dengan ruangan lainnya. Sebabnya, tidak jarang kita temui rumah dengan warna cat berbeda pada setiap ruangannya.

Ini merupakan hal yang bagus, hanya saja sebelum memilih warna cat setiap kamar, kita harus perhatikan apakah warna cat tersebut akan seimbang dengan ruangan lainnya. Keserasian ini akan membantu kita dalam mendapatkan ketenangan ketika di rumah, loh.

7. Padukan Skema Monokromatik

Jika bosan dengan 1 warna cat saja, buat variasi tambahan dengan menggunakan cat kontras. Hal ini nantinya akan memberikan hasil monokromatik yang selaras. Tentunya hal ini harus disenadakan dengan dekorasinya, seperti lampu meja atau lukisan yang ada.

8. Pilih Finishing Berbeda

Untuk finishingnya, pilihlah warna yang bisa memberikan hasil yang signifikan agar hasil dari cat rumahnya bagus. Seperti misalnya tembok yang memiliki garis-garis pembatas dengan hue sama. Atau bisa dengan gunakan warna Matte sebagai finishingnya.

Pokoknya, kunci dari pemilihan cat warna adalah mix&match ketika memilih warna. Banyak kombinasi yang bisa dilakukan dalam mewarnai rumah. Percayalah pada intuisi ketika memilih warna sesuai dengan kepribadianmu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *