Tips dan Trik Pajang Lukisan di Rumah

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperindah rumah, baik melakukan dekorasi atau memanfaatkan cat atau desain bangunan yang ada. Salah satu cara untuk memperindah rumah tentunya adalah dengan memajang lukisan atau foto.

Namun, foto atau lukisan yang dipajang biasanya tidak selalu mudah untuk langsung cocok dengan keadaan ruangan dan malah terkesan dipaksakan. Membeli lukisan memang hal yang mudah, tetapi memasangnya ini yang butuh perhitungan tertentu.

Beberapa cara yang perlu diperhatikan sebelum memajang lukisan di rumah tentunya adalah dengan memperhatikan bingkai, ruangan manakah yang cocok dipasang lukisan, dan bagaimana nantinya penataan lukisan yang ada di dalam rumah.

Ketinggian peletakkan lukisan juga tidak boleh luput dari perhatian Anda, karena jika terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa membuat lukisan kurang bisa dinikmati.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memajang lukisan di rumah.

Tips Pajang Lukisan

1.Sesuaikan dengan Minat

Hal yang harus diperhatikan dalam memajang lukisan adalah Anda harus tahu sebenarnya minat Anda ingin memiliki tampilan yang seperti apa. Jika sudah tahu, pastikan bingkai dari lukisan yang Anda pasang memiliki 1 tema yang sama agar tidak membuatnya tampak berantakan.

Seperti misalnya Anda ingin memiliki tema yang simpel, pilihlah bingkai simpel yang bisa membuat tampilan dari lukisan senada.

Anda bisa padukan bingkai-bingkai dengan bentuk sama namun memiliki warna yang berbeda, dengan demikian bisa membuat ruangan menjadi tampak lebih berwarna.

2.Sejajarkan Lukisan dengan Pandangan

Tips lain untuk membuat lukisan menjadi lebih enak dilihat adalah pastikan posisinya untuk sejajar dengan pandangan Anda, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Dengan demikian bisa membuat Anda lebih senang ketika memandangnya. Itu sebabnya kalau Anda pergi ke sebuah galeri seni, mereka akan meletakkan lukisan sesuai dengan jarak pandang.

Selain itu kalau pada bagian bawah lukisan terdapat benda lain, seperti misalnya sofa, bisa atur posisi sofa tersebut agar bisa ada jarak di antara furniture dengan lukisan.

3.Sesuaikan warna dari Lukisan dengan Ruangan

Kami juga menyarankan untuk memiliki lukisan yang warnanya serupa dengan ruangan atau setidaknya cocok dengan warna dari raungan. Misal, rumah Anda dipenuhi dengan barang-barang antik, cobalah pilih lukisan atau bingkai yang memiliki gaya serupa.

Sedangkan kalau di rumah Anda lebih didominasi dengan barang-barang kontemporer, bisa dengan menggantungan lukisan kontemporer besar yang menyamakan konsep ruangan.

4. Coba Gantungkan Seperti Salon Style

Tips terakhir yang akan kami berikan untuk pemasangan lukisan di rumah Anda adalah dengan mencoba mengatur cara penempatannya. Salah satu yang bisa dicoba adalah dengan memasangkannya ala Salon Style. Di mana lukisan foto lebih dari satu dengan permukaan yang sama.

Sering kali cara ini digunakan oleh para penata ruangan agar membuat dinding bisa menjadi pusat dari perhatian yang ada di ruangan itu.

Setelah itu, pastikan lukisan atau gambar yang Anda miliki tersusun satu persatu dari lukisan utama. Kalau masih ragu dengan penataannya, tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu melihat posisi terbaiknya di lantai atau mungkin membuat desain gambarnya terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa tips dalam meletakkan lukisan di dalam ruangan agar ruangan menjadi semakin Indah. Dengan ini, Anda tidak hanya akan mengandalkan desain rumah atau warna cat saja, jadi ada variasi lain dalam membuat warna menjadi tampak lebih indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *