Tipe Rumah dan Karakternya yang Ada di Indonesia

Kalau saat ini Anda tengah berencana untuk membangun rumah, coba pahami tipe rumah seperti apa yang cocok untuk berada di Indonesia. Jangan sampai nanti Anda salah dalam menentukan desain rumah, karena akibatnya bisa dirasakan hingga bertahun – tahun.

Mungkin sudah sering kali Anda mengenal istilah rumah sederhana, menengah, dan mewah. Atau mungkin Anda lebih mengenal dengan tipe rumah 45, 70, dan tipe rumah lainnya? Sebelum memutuskan untuk membeli desain rumah, pastikan Anda sudah memahami dengan baik patokan ukurannya.

Selain itu pahami juga karakteristik pada tiap jenis hunian yang tentunya berbeda – beda. Berikut ini kami akan memudahkan Anda untuk bisa menentukan jenis hunian seperti apa yang cocok untuk lokasi Anda saat ini.

Kategori Hunian di Indonesia

1.Tipe Rumah Sederhana

Pertama adalah tipe rumah yang sederhana. Hunian ini biasanya merupakan bangunan satu lantai dengan luas bangunan yang kurang dari 90 m2. Bangunan ini tidak memiliki unsur kemewahan dan dirancang secara efektif serta tepat guna agar bisa memenuhi kebutuhan dari terbatasnya lahan.

Hunian yang tergolong pada kategori rumah sederhana : Tipe 21, 36, 45, dan 60.

2.Rumah Menengah

Yang kedua ada rumah menengah, di mana luas bangunannya berkisar di antara 90 – 300 m2. Tipe rumah ini lebih ke sederhana atau minimalis, selain itu rumah yang memiliki 2 lantai juga bisa masuk dalam kategori satu ini. Kalau di lihat dari pembagian tata ruangannya, rumah dengan kategori ini memiliki lebih banyak ruangan dan lahannya lebih besar.

Hunian yang tergolong pada kategori rumah menengah: Tipe 90, 120, dan lainnya.

3.Rumah Mewah

Terakhir ada rumah mewah, kategori rumah yang memiliki luas bangunan lebih dari 300 m2. Kategori ini tidak memiliki pembagian tipe yang mendetail, karena merupakan kategori rumah yang tidak umum dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Apalagi harga jual rumah mewah biasanya bisa mencapai 6 kali lipat kalau dibandingkan dengan rumah yang sederhana.

Beberapa Pembagian Tipe Rumah di Indonesia

1.Hunian Tipe 21/24

Tipe ini tergolong kepada tipe rumah yang sederhana, hunian ini hanya memiliki luas bangunan sekitar 21 – 24 m2. Tar ruangan yang ada di rumah tipe ini hanya di bagi menjadi 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan ruangan yang dipakai secara multifungsi. Jadi tidak jarang kalau dapur diletakkan pada ruang terpisah agar area di dalam rumah menjadi lebih luas.

2.Rumah Tipe 36

Rumah dengan tipe 36 merupakan yang paling populer di Indonesia. Luas bangunannya 36m2 dan di dalamnya terdapat 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, serta ada 1 kamar mandi. Bagi para keluarga kecil di Indonesia, tantunya ini cukup. Apalagi harganya sangat terjangkau, yaitu rata – rata seharga Rp300 – 400 jutaan.

3.Hunian Tipe 45

Hunian Tipe 45 sudah masuk ke dalam tipe rumah yang minimalis, karena bangunannya dibuat dengan tepat guna dan efektif karena lahannya yang terbatas. Tipe rumah ini hanya berada di luas bangunaan 6×7.5 atau 8×5.6 m. Tetapi hunian ini merupakan hunian yang nyaman dengan adanya 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruangan yang digunakan untuk kegiatan multifungsi, carport, dan bisa terdapat ruang terbuka hijau yang membuat penghuni nyaman.

Nah, itulah beberapa pembagian tipe bangunan dan kategori rumah di Indonesia. Sudah tahu tipe rumah seperti apa yang kamu impikan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *