Rumah Minimalis yang Bisa Menjadi Inspirasi

Rumah Minimalis yang Bisa Menjadi Inspirasi

Rumah Minimalis yang Bisa Menjadi Inspirasi

Rumah minimalis memang kini semakin sering didengar dan menjadi pilihan masyarakat sebagai desain rumah mereka. Tujuan dari pemilihan rumah dengan desain minimalis ini beragam, ada yang agar mendapat kesan rumah atau bangunan baru, ada juga karena dianggap lebih modern dan berselera kekinian.

Lantas, apa saja yang bisa diterapkan pada rumah minimalis Anda? Berikut ulasannya.

Rumah Minimalis yang Mudah Ditiru

1.Tonjolkan Ciri Rumah Minimalis

Rumah minimalis memiliki ciri menggunakan dak beton dan mengikuti dasar (biasanya berbentuk kotak), polos tanpa ornamen yang mencolok, dan juga menggunakan paling maksimal 2 kombinasi material. Di bagian arsitektur minimalis, biasanya akan membuang segala hal agar mencapai esensi dari rumah sederhana itu sendiri. Namun dari kesederhanaan ini terdapat nilai yang berkualitas tinggi.

Detail juga wajib menjadi perhatian, yaitu rapi, presisi, jujur, dan tidak mengada – ada pada semua bagian bangunan juga ruangnya.

Jadi jika ada rumah dengan warna merah atau memiliki unsur dekoratif yang tampak berlebihan, itu bukan merupakan rumah yang minimalis.

2.Denah Sesuai dengan Fungsi

Sebetulnya rumah minimalis bukan hanya sekedar pada kesederhanaannya saja, melainkan juga pada fungsinya. Denah rumah pada rumah minimalis akan memaksimalkan area dengan sebaik – baiknya, jadi tidak akan ada yang terbuang.

Jika ingin rumah bertingkat namun budget sedikit, jangan khawatir. Karena Anda dapat melakukan konsultasi dengan arsitek atau desainer untuk bisa merancang pondasi rumah dua lantai. Pastikan bahwa layout dan letak tangga bisa dikembangkan nanti saat hendak kembali menambah lantai.

Kalau keluarga Anda tidak terlalu banyak melakukan aktivitas di rumah, Anda dapat menggabungkan ruang makan dengan area living dengan memaksimalkan ruang tanpa sekat, jadi pada siap sudut dapat digunakan dengan lebih menyeluruh.

3.Taman Minimalis dan Dekorasi yang Simpel

Untuk kesegaran rumah, silahkan sisakan tanah untuk bisa membuat taman minimalis Anda. Pilih antara taman kering atau basah, seusai dengan keadaan rumah Anda. Jika kurang cahaya matahari, silahkan pilih tanaman kering. Sedangkan jika Anda gemar berkebun dan bercocok tanam, silahkan pilih tanaman basah.

Lalu pikirkan juga dekorasi yang akan membalut rumah Anda. Mungkin bisa memilih dekorasi dengan nuansa yang menyenangkan dan tidak terdapat banyak firnitur yang mengisi ruanganmu. Selain itu hal penting untuk tema minimalis adalah spacious room dengan jumlah furniture dan detail tidak berlebihan, dan fokus ke pemilihan warna natural atau pastel. Sehingga meski minimalis, dekorasi yang ada tetap akan menghidupkan suasana.

4.Warna Cat Rumah

Konsep dari Rumah Minimalis ini yaitu memaksimalkan pilihan yang dibuat seminimal mungkin. Oleh sebabnya monokromatis merupakan pilihan yang cocok untuk cat rumah. Pemilihan dari warna cat dinding ini cocok untuk desain ruang dalam rumah ataupun luar. Hal ini dikarenakan pemilihan cat monokrom akan semakin menambah kesan minimalis yang ada pada rumah tersebut.

5.Pencahayaan yang Alami dan berkualitas

Untuk ruangan yang memiliki konsep minimalis, peranan cahaya sangatlah penting. Apalagi untuk membuat suasana agar terasa lebih nyaman juga santai. Tidak hanya pencahayaan alami, pencahayaan buatan juga sama – sama memberikan efek untuk menghasilkan rumah yang nyaman.

Anda dapat memilih jendela yang bisa dibuka dan tutup, jadi dapat memberikan sirkulasi udara yang baik. Hal ini bisa mengatur tingkat kelembapan di dalam rumah dan bisa memperpanjang umur dari segala aspek interior yang ada di dalam rumah.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk membangun sebuah rumah minimalis yang penuh dengan fungsi dan guna?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *