Rekomendasi Model Atap Rumah

Atap adalah sesuatu yang harus ada pada setiap rumah, karena tanpa atap pastinya rumah tersebut tidak sempurna. Model atap rumah pun tidak semuanya sama, ada beragam macam jenis atap rumah yang bisa kamu aplikasikan pada rumah.

Berikut ini adalah beberapa jenis Atap yang bisa kamu coba aplikasikan pada rumahmu.

Jenis Atap

1.Atap Datar

Pertama ada atap Datar yang cocok untuk rumah dengan konsep minimalis. Tetapi sayangnya untuk rumah di Indonesia, jenis atap ini dirasa kurang cocok. Itu karena iklim yang ada di Indonesia merupakan daerah tropis yang panas.

2. Atap Piramida/ Limas

Untuk rumah di Indonesia, atap dengan konsep piramida atau limas dirasa lebih cocok. Selain itu atap dengan jenis ini memiliki bentuk yang lebih simpel dan memiliki biaya pembuatan yang jauh lebih terjangkau.

3. Atap Trapesium

Ketiga ada atap Trapesium yang memiliki bentuk tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan bentuk atap limas. Namun, yang membedakan adalah jika diperhatikan dari depan, atap rumah ini memiliki bentuk trapesium.

4. Atap Grambel

Jika Anda ingin membuat bentuk atap yang tampak mewah untuk rumah Anda, bisa coba dengan menggunakan Atap Grambel. Atap yang beradal dari Belanda ini memiliki sisi simetris yang terdapat 2 lereng dalam setiap sisi atapnya. Selain itu lerengnya ada yang dangkal, rendah, dan curam.

5. Atap Mansard

Atap mansard merupakan jenis atap yang sering kali ditemukan di Perancis. Pada atap ini terdapat 4 sisi dengan kemiringan curam. Yang menjadi ciri khas dari atap ini adalah terdapat jendela pada atapnya yang di dalamnya biasa digunakan sebagai ruangan penyimpanan oleh pemilik rumah.

6. Atap Bonnet

Ingin memiliki rumah dengan konsep tradisional namun masih terkesan modern, bisa gunakan atap jenis Bonnet ini. Atap yang digunakan pada rumah Joglo ini memiliki bentuk atap yang bertingkat dan bagian bawah lebih menjorok ke bagian luar. Selain itu fungsinya untuk bisa halangi masuknya cahaya matahari yang berlebihan.

7. Atap Dutch Gable

Selain atap jenis Gramble, ada juga atap yang berasal dari Belanda lainnya, yaitu Atap Dutch Gable. Atap jenis ini adalah kombinasi dari atap dengan jenis Pelana dan juga Atap Perisai.

8. Atap Miring

Terdapat beberapa jenis atap miring yang bisa diaplikasikan pada rumah Anda, seperti atap miring standar yang bagian atapnya menempel pada bagian tembok yang berbentuk vertikal, miring kupu-kupu yang kedua atapnya tinggi di bagian samping, miring satu sisi yang hanya ada 1 bagian atap saja yang miring, miring ganda, sampai miring bergerigi.

9. Atap Jepang

Atap Jepang juga memiliki beberapa jenis, seperti terdapat atap tradisional Jepang dan Atap Modern Jepang. Semuanya sesuaikan dengan keinginan Anda dalam bangun rumah Anda.

10. Atap Multisisi

Terakhir dari kami ada atap multisisi, di mana atap jenis ini adalah kombinasi unik antara dari atap limas. Jumlah atap yang ada pada bangunan ini menyesuaikan dengan banyaknya sisi dari rumah tersebut.

Nah, itulah beberapa rekomendasi atap terbaik yang bisa Anda aplikasikan pada atap rumah Anda. Semua bentuk atap harus disesuaikan dengan kondisi lingkunga, jenis bangunan, sampai ke fungsinya. Jangan paksakan rumah dengan menggunakan suatu jenis atap untuk mengejar nilai estetikanya, karena dikhawatirnya rumah menjadi kurang nyaman untuk ditinggali karena atapnya yang tidak sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *