Membuat Denah Rumah Dasar untuk Pemula

Tidak semua orang dapat dengan mudah membuat desain rumah, karena itu memang bukan merupakan kemampuan yang semua orang miliki. Tetapi, untuk membuat desain rumah secara sederhana dan mendasar, ini bisa dipelajari. Bukan hanya sekedar merupakan hobi semata, karena cara membuat denah rumah ini dapat membantu untuk merealisasikan rumah impian menjadi kenyataan nantinya. Serta ini dapat membantu bangunan rumah menjadi lebih presisi.

Untuk Anda yang tertarik untuk mengetahui tahapan dasar bagaimana cara untuk membuat denah rumah yang pada umumnya digunakan oleh para arsitek dan desainer? Berikut ini adalah ulasan perilah cara sederhana bagaimana cara untuk membuat denah rumah dasar.

Cara untuk Membuat Denah Rumah Dasar

1.Buat Daftar Aktivitas dan Kebutuhan Ruang

Pertama-tama yang harus dilakukan untuk membuat desain rumah adalah dengan membuat daftar aktivitas yang akan dilakukan oleh setiap penghuni rumah. Seperti aktivitas utama dan juga aktivitas pendukung yang kerap kali dilakukan oleh penghuni rumah.

Setelah itu, tentukan kebutuhan ruang yang bisa diperlukan dalam mengakomodir beragam aktivitas penghuni rumah itu. Pada tahapan membuat denah rumah kali ini, mungkin akan terdapat beberapa ruangan yang dieliminasi atau digabungkan dengan fungsi ruangan lain. Sehingga nantinya akan mendapatkan efisiensi denah.

2. Ketahui Standar dan Kebutuhan Setiap Ruangan

Setelah mengetahui ruangan apa saja yang dibutuhkan dalam membuat desain rumah ini, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan riset perihal kebutuhan ruang itu. Dimulai dari standar ukuran dari setiap ruangan, sampai ke kebutuhan dasar pada ruangan. Seperti misalnya, apakah ruangan itu membutuhkan pembukaan dan lain sebagainya. Ini penting untuk bisa memastikan setiap penempatan dan membuat denah rumah menjadi lebih baik lagi.

3. Buat Kolerasi Pada Setiap Ruang

Berikutnya adalah dengan cara mengubungkan kebutuhan suatu ruangan dengan satu sama lain. Seperti misalnya pada ruang kamar tidur, buat erat dengan kamar mandi. Lalu untuk ruang makan, buatlah erat dengan dapur atau ruang keluarga.

Selanjutnya adalah dengan memberikan zonasi di diagram hubungan antara ruangan yang ada. Pastikan dengan jelas bagian-bagian yang merupakan ruangan privat, publik, dan Service. Pastikan setiap zonanya tidak akan mengganggu kenyamanan satu sama lainnya.

4. Ubah Semua Menjadi Denah Dasar

Berikutnya adalah dengan membuat denah rumah. Terjemahkanlah zonasi dan diagram hubungan diantar ruang itu menjadi sebuah denah dasar. Mungkin komponen yang ada pada denah hanya merupakan garis-garis sederhana yang dapat memberikan gambaran mengenai desain rumah yang Anda inginkan.

5. Buat Beberapa Alternatif

Ketika membuat desain rumah, pastikan Anda menyiapkan alternatif yang bisa digunakan ketika desain utama tidak dapat diaplikasikan. Denah dasar alternatif ini perlu untuk diubah-ubah agar bisa menghadirkan kemungkinan untuk denah lain.

Selain itu dengan membuat alternatif, Anda juga bisa menemukan desain rumah lain yang mungkin merupakan yang terbaik, sehingga langkah satu ini tidak boleh disepelekan.

6. Buat Detail dengan Notasi, Ukuran, dan Detail Lainnya

Buat denahmu menjadi lebih mendetail, seperti berapa ketebalan dindingnya, simbol-simbol material, lambang untuk bukaan pintu, jendela, panjang ruangan, dan detail lain yang membuat desain rumah menjadi lebih tampak nyata.

Dengan memahami cara membuat denah rumah tersebut, pastinya akan membuat Anda lebih mudah untuk bisa memvisualisasikan ide dan kebutuhan. Memahami cara untuk mendenah rumah akan membuat kamu selangkah lebih dekat dengan rumah impian. Jadi bagaimana? Sudah siap untuk membuat desain rumah sederhana sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *