Inspirasi rumah bergaya Eropa

Bosan dengan gaya rumah di Indonesia yang cengderung itu – itu saja dan sudah banyak dimana – mana? Bagaimna degan mencoba bgaya rumah ala Eropa? Rumah gaya Eropa sendiri merupakan rumah yang memiliki gaya arsitektur ikonik dan berbeda dari jenis rumah lainnya.Rumah dengan konsep Eropa juga bisa dengan mudah untuk di temukan di berbagai negara. Hal ini karena dulu Eropa sempat menjajah banyak negara dan meninggalkan bangunan mereka.

Lalu seperti apa rumah Eropa yang dapat dijadikan inspirasi? Berikut ini ada beberapa rekomendasi rumah Eropa yang bisa dijadikan inspirasi untuk membangun rumah Anda.

Rumah Ala Eropa

1.Gaya Eropa Modern dengan Balkon

Bagaimana jika membangun rumah bergaya Eropa bergaya kontemporer? Tidak memerlukan pilar atau ornamen mencolok lainnya. Tapi unsur Eropa ini bisa didapatkan dari balkon yang ada di lantai atas rumah.

Balkon biasanya merupakan tempat yang cocok untuk bersantai. Ukuran balkon sendiri disesuaikan dengan desain dari rumah Eropa dan juga ukurannya. Karena balkon berada di lantai atas, maka area balkon memiliki pengaman yang bisa berupa besi atau batu bata.

Umumnya Balkon dapat di hias seperti dekorasi ala Eropa.

2.Ala victorian Mewah

Rumah Eropa biasanya lebih identik dengan kemewahan, apalagi rumah yang memiliki unsur Victorian. Gaya ini muncul pada abad pertengahan sampai ke akir abad ke19 di masa kekuasaan ratu Victoria.

Bukan hanya identik dengan material batunya saja, namun juga menggunakan kayu untuk dibagian ekteriornya. Konsep yang dimiliki juga tidak berbeda jauh dengan gaya ala Eropa lainnya, yaitu dekorasi rumit yang asimetris tampak dibagian depan rumah.

Pada bagian atapnya gaya ini cenderung rumit dengan perpaduan bentuk kerucut sampai limas. Desain ini juga sangat dikagumi karena arsitekturnya memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

3.Rumah Ala Eropa Modern dengan Pilar

Hingga kini masih sering ditemui rumah bergaya Eropa yang lengkap dengan pilar – pilar menjulang. Karena pada umumnya memang rumah Eropa berukuran besar, sehingga membutuhkan pilar untuk bagian depan rumahnya.

Biasanya ada 2 buah pilar di rumah bergaya Eropa, yaitu di posisi kiri dan kanan akses pintu masuk. Pilar ini bisa menjulang sampai ke atap rumah dan biasa berbentuk silinder, tergantung bagaimana desain rumah tersebut.

Bukan hanya dibagian luarnya saja, tapi juga banyak rumah yang memiliki pilar di dalamnya. Biasa digunakan sebagai pembatas ruangan atau pada area tertentu. Meski memiliki gaya yang modern, rumah seperti ini masih termasuk ke dalam rumah bergaya Eropa.

4. Rumah Klasik Eropa dengan Ornamen

Ciri Khas rumah bergaya Eropa merupakan detail ornamennya yang digunakan, baik di eksterior atau di Interiornya. Beberapa rumah biasanya depannya menggunakan batu bata dan dilapisi dengan cat dan diukir cantik di sekitar jendela dengan warna yang mengkilap laiknya emas.

Model rumah ini juga biasa menggunakan batu alam dan menggunakan bunga atau tanaman hijau. Ada juga yang memanfaatkan lampu dinding yang terkesan antik di dekat jendela. Lalu pada bagian interiornya, beragam macam elemen dekorasi digunakan. Bukan hanya sebagai penghias dibagian interior saja, mereka juga menggunakan barang – barang dengan nilai tinggi untuk bagian interior.

Interior juga banyak dihiasi dengan benda – benda seperti patun, barang antik, lukisan, dan juga barang – barang mewah lainnya.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk membangun rumah dengan konsep ala Eropa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *