Fakta Unik Bangunan Piramida Mesir

Masih banyak hal yang belum terungkap dari bangunan yang sudah berdiri beberapa milenium silam ini. Banyak yang mengatakan kalau Piramida merupakan arsitektur hebat atas bantuan alien. Sementara yang lainnya memuji budaya Mesir karena pada masa seperti itu sudah dapat membangun bangunan megah seperti piramida ini.

Ada beberapa fakta menarik yang peri diketahui dari Piramida Mesir yang merupakan makam kerajaan yang megah. Berikut adalah fakta seputar Piramida.

Fakta Piramida

1.Banyak Batu Piramida Mesir

Dalam 1 Piramida, diperkirakan setidaknya terdapat 2.300.000 blok batu dengan berat masing-masing hingga 30 ton. Bahkan terdapat beberapa batu yang memiliki berat 50 ton. Jadi coba dibayangkan pada masa lalu, belum terdapat teknologi canggih, bagaimana cara mereka bisa membangun bangunan seperti ini. Itulah yang membuat banyak orang beranggapan Piramida merupakan bangunan yang dibangun oleh alien.

2.Luas Piramida

Piramida memiliki luas 55.000 m2 pada bagian dasarnya. Pada masing-masing sisi, luasnya bisa lebih dari 20.000 m2. Pengetahuan mengenai luas piramida ini baru diketahui setelah berabad-abad dan masih menjadi sebuah misteri bagaimana pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat Mesir kuno pada kala itu.

3. Suhu stabil

Mungkin kita berpikiran kalau Piramida yang letaknya berada di tengah gurun pasir, bagian dalamnya akan sangat panas dan menyiksa. Namun nyatanya bagian dalam Piramida cenderung stabil pada suhu 20o. Karena kestabilan yang ada di dalam Piramida inilah yang membuat mumi Firaun tetap terjaga dengan baik selama berabad-abad.

4. Dapat Bersinar

Pada awalnya, Piramida merupakan bangunan yang dilapisi oleh batu kapur. Lapisan ini membuatnya bisa memantulkan cahaya dari matahari, sehingga membuat Piramida dapat bersinar layaknya berlian. Tetapi di abad ke-14, lapisan ini diambil oleh orang-orang Mesir untuk digunakan membangun masjid setelah terjadi gempa bumi di sana.

Diklaim kalau Piramida asli memiliki wujud layaknya cermin raksasa dan bisa memantulkan cahaya yang kuat.

5.Bagian Dalam Piramida

Di bagian dalam Piramida merupakan satu-satunya bangunan yang ada di Mesir dengan bagian dalam naik turun. Untuk mereka yang hendak mengunjungi kamar raja, harus membungkuk ke bawah. Setelahnya baru dapat masuk ke dalam ruang raja.

6.Pintu Putar di Piramida

Jika dilihat dari bagian luar, tidak tampak adanya pintu putar ini. Namun sebenarnya terdapat pintu putar di bagian pintu masuk dengan berat 20 ton. Pintu ini akan mudah dibuka jika dari dalam.

7. Tidak Bisa Kembali Dibangun Sekarang

Banyak orang yang yakin kalau kini Piramida tidak bisa lagi dibangun pada masa sekarang. Itu karena tidak diketahui teknologi apa yang digunakan oleh masyarakat Mesir kuno untuk bisa membangun bangunan itu. Jadi hingga saat ini tidak ada yang bisa membangun bangunan seperti Piramida.

8. Sphinx

Dengan ketinggian 73.5 m, Spinx merupakan bangunan yang berbentuk makhluk mitos Yunani Kuno, Mesir, serta di Asia Selatan. Selain Piramida, bangunan satu ini juga memiliki banyak teka-teki yang sulit untuk bisa dijawab.

9.Kemewahan di Dalam piramida

Sejarawan yakin kalau Piramida dibangun bukan hanya sekedar sebagai makam, namun juga untuk rumah yang abadi untuk para raja yang sudah wafat. Bukan hanya bangunannya, sistem terowongan yang ada di dalam bangunan ini pun dirancang dengan sangat baik. Beragam harta berharga bisa ditemukan di dalam bangunan ini, dimaksudkan untuk menemani para raja di akhirat.

Nah, itulah beberapa fakta unik dari bangunan yang hingga kini masih misteri pembangunannya, Piramida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *