Cari Tahu Yuk, Cara Peletakan Jendela yang Baik!

Seperti yang kita ketahui, pada rumah, Jendela dan pintu merupakan aspek terpenting untuk rumah. Untuk jendela sendiri, ia menjadi elemen pada rumah yang teramat penting. Karena Jendela adalah faktor yang bisa menentukan kenyamanan dari sebuah rumah.

Kenapa demikian? Karena jendela adalah sarana untuk pertukaran udara dari dalam rumah keluar rumah. Inilah yang membuat kita harus dengan benar menentukan dan memperhitungkan pada posisi mana sebaiknya jendela diletakkan dan seberapa banyak jendela yang dibutuhkan pada suatu rumah.

Perencanaan peletakan posisi jendela sendiri tergantung pada lokasi di mana bangunan itu berada. Misalnya, karena kita berada di Indonesia, maka kita berada di daerah dengan iklim tropis. Oleh karena itu udaranya lembab dan hawanya hangat. Perhitungkan juga sinar mataharinya, karena sinar matahari ini bisa saja dimanfaatkan atau bahkan dihindari.

Sebelum membahas mengenai penempatan dan desain jendela yang baik, sebaiknya kita lihat dulu yuk, apa manfaat dari jendela.

Berikut ini adalah manfaat dari Jendela yang wajib kita pahami sebelum menentukan peletakkannya dalam rumah.

Manfaat Jendela

1.Menghubungkan antar ruang dalam bangunan atau dalam bangunan dengan bagian dari luar bangunan.

2.Meneruskan cahaya secara alami untuk masuk ke dalam bangunan

3.Menjadi Ventilasi serta merupakan pengatur udara yang ada di dalam bangunan

4.Memberikan efek pemandangan alami yang menambah keindahan pada rumah

5.Memberikan nilai estetika tersendiri bagi suatu rumah

Setelah mengetahui kegunaan dari Jendela, mari kita lihat yuk, bagaimana penempatan dan desan dari jendela yang baik.

Desain Jendela dan Penempatan yang Baik

Untuk mengetahui di mana kah posisi jendela yang baik, perhatikan terlebih dahulu lokasi bangunan agar tahu dari mana arah matahari. Sinar matahari yang paling terang dan panas berada pada sisi barat, karena matahari pada siang hari hingga malam hari akan berada pada posisi tersebut. Itulah yang harus dihindari ketika hendak membuat jendela dengan ukuran yang besar.

Karena jika menggunakan jendela yang ukurannya besar, itu hanya akan menambah kapasitas cahaya yang masuk dan membuat suasana di dalam rumah menjadi panas.

Selain panas, itu juga akan menyebabkan efek silau karena teralalu banyak cahaya yang masuk ke dalam rumah. Kalau ingin mengejar nilai estetika dan harus meletakkan jendela di posisi barat, berikan penghalang yang bisa menghalangi banyaknya kapasitas cahaya yang masuk.

Tetapi, sebaiknya jika ingin meletakkan jendela, pilihlah posisi utara, selatan, dan timur. Karena pada posisi ini matahari pagi bisa didapatkan dan tidak terlalu panas.

Selain memikirkan letak matahari, perhatikan juga desain jendelanya dengan memperhatikan fungsi dari ruangan tersebut. Seperti misalnya pada bagian dapur yang membutuhkan banyak cahaya agar tidak lembab, kamar tidur yang butuh sinar matahari cukup, dan aspek lainnya.

Lalu perhatikan juga pemandangan yang ingin ditampilkan di luar jendela, sebisa mungkin letakkan jendela pada kamar idur dan ruangan santai yang memiliki pemandangan indah. Desainlah jendela selebar mungkin, apa lagi untuk Villa atau resort, memiliki pemandangan indah akanmenjadi sebuah nilai plus sendiri.

Itu saja sedikit tips yang bisa kami berikan mengenai peletakan jendela dan bentuk jendela yang terbaik untuk rumah Anda. Selain itu bisa lakukan konsultasi dengan arsitek yang berpengalaman agar rumah Anda semakin terasa nyaman untuk Anda dan tentunya juga untuk keluarga Anda.

Semoga informasi mengenai Jendela ini bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *