Desain Bangunan Arsitektur India

Arsitektur di berbagai belahan dunia memiliki keunikannya tersendiri, tidak terkecuali di India. Bahkan di negara India, banyak perkembangan yang terjadi dalam arsitektur mereka. Tradisi pembuatan bangunan di India sudah terjadi sebelum masehi, sebagian besar lebih ditunjukkan pada bangunan yang religus.

Pada abad ke4 sebelum masehi, batu merupakan benda yang paling banyak digunakan untuk dijadikan arsitektur. Keterampilan mengukir sangat berkembang sangat pesat di India dan juga banyak stupa besar dengan ukiran indah.

Banyak juga bangunan yang dipengaruhi dari arsitektur Islam dan arsitektur Eropa yang membuat arsitektur – arsitektur di India semakin berkembang.

Berikut ini adalah beberapa jenis bangunan arsitektur yang ada di India.

Arsitektur India

1.Masjid Soofi

Pertama ada Masjid Soofi, sebuah masjid di India yang memiliki desain unik dan khas. Perluasan dan perubahan yang dilakukan pada Masjid Soofi ini tidak memberikan perubahan bentuk bangunan, sehingga tetap mempertahankan terjaganya keaslian dari masjid ini.

Gaya arsitektuk India yang diterapkan di masjid ini mengintegrasikan desain Muslim tradisional India dan juga gabungan dengan kolonial di Afrika Selatan.

Perpaduannya bisa dilihat dari pola lengkungan, minaret, pintu, dan juga bagian jendela. Selain itu kubahnya pun mencirikan struktur masjid yang berada pada kawasan anak benuda India. Ada juga bagian yang menampakkan arsitektur kolonial yang tampak di beranda dan dinding bangunan masjid.

Ornamen – ornamen yang ada di masjid ini menggunakan hiasan plester dinding dengan tingkat keahlian yang cukup baik dengan kualitas yang tinggi. Sebagian besarnya menggunakan tambahan asbes dan semen, sedangkan untuk bagian beranda juga balkon disempurnakan dengan bata yang berbentuk sarang lebah.

Salah satu aspek yang tampak menonjol dari struktur masjid ini yang tidak pernah tersentuh adalah mihrab, ceruk setengah lingkaran pada dinidng masjid yang menunjuk arah Ka’bah di Makkah.

2.Kuil Shri Balaji Vankateshwara

Berikutnya ada Kuil Shri Balaji Vankateshwara yang merupakan rumah ibadah Hindu di India. Bangunan ini berada di India Selatan, negara bagian Andra Pradesh. Ini merupakan bangunan keagamaan umat Hindu yang terkaya di dunia.

Bangunan ini berlatar belakang akan permintaan dari masyarakat Hindu di India yang tinggal sekitar kuil, mereka membutuhkan tempat ibadah. S.Tirumal Naidu merupakan pencetus dari adanya kuil ini dan memutuskan untuk membangunnya. Dilakukan dengan 2 tahap, satu dimulai pada tahun 2004, lalu untuk tahap keduanya dilanjutkan pada tahun 2010.

3.Desain Rumah Minimalis

Selain bangunan rumah ibadah, di India kini masyarakatnya rata – rata memilih membangun bangunan minimalis. Desain rumah yang minimalis dan unik dibangun karena sudah mulai terbatasnya lahan di India.

Batas antar bangunan juga tidak lebar, ini menjadi tantangan arsitek di India untuk mendesain rumah. Mulai dari cara agar cahaya tetap bisa masuk ke dalam rumah, udara, dan kenyamanan penghuni menjadi tantangan mereka.

Untuk cahaya, dari rumah ini bisa didapatkan dari bukaan pada arah barat dan bagian atap. Itu membuat bagian dalam rumah menjadi lebih terang juga nyaman. Selain itu mamasukkan cahaya dan udara ke dalam rumah harus penuh pertimbangan.

Pada lantai dasar, ada garasi kendaraan yang cukup untuk diisi satu mobil dengan 1 kamar studio yang lengkap dengan ruang tamu, tempat tidur, dapur, dan kamar mandi.

Jadi bagaimana menurut Anda bangunan – bangunan yang ada di India ini? Tertarik untuk menerapkannya untuk bangunan di rumah Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *