DESAIN BANGUNAN YANG UNIK DI JAKARTA

DESAIN BANGUNAN YANG UNIK DI JAKARTA

Indonesia menjadi salah satu negara yang lumayan maju pada aspek arsitekturnya. Walaupun memang pembangunan di Indonesia belum bisa merata sepenuhnya, tapi bisa dibilang pembangunan di kota-kota besarnya lumayan maju. Seperti yang bisa kita lihat di Kota Jakarta, terdapat gedung-gedung dengan bentuk dan ukuran yang bermacam-macam. Mulai dari gedung tinggi, gedung yang estetik hingga gedung-gedung dengan desain yang unik lainnya.

Gedung-gedung tersebut bukan sekedar untuk dibangun untuk panjangan di Ibukota saja, tapi juga digunakan sebagai perkantoran atau urusan lainnya seperti bisnis hingga sekolah. Kira-kira gedung apa saja ya yang punya bentuk dan desain yang unik? Simak dulu!

1.Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

DESAIN BANGUNAN YANG UNIK DI JAKARTA

Untuk beberapa anak Jakarta mungkin udah gak asing dan juga pastinya udah tau bahwa gedung unik milik salah satu universitas swasta yaitu Universitas Mutimedia Nusantara. Banyak yang bilang jika gedung ini mirip seperti cangkang telur, ada juga yang bilang seperti among us yang berwarna putih dan masih banyak julukan lainnya.

Gedung yang sangat ramah lingkungan ini dilapisi oleh alumunium panel hingga bisa ramah energi. Di gedung ini pun gak pake AC sama sekali loh, padahal di lokasi yang cukup panas. Karena bangunan yang sengaja dibuat berpori sehingga setiap sisinya selalu ada lubang untuk tempat masuknya cahaya alami. Belum lagi beton dindingnya yang bisa mereduksi panas hingga 70%. Keren ya?

2.Bakrie Tower

Bakrie Tower

Dengan desain yang sangat mewah seperti layakanya di New York, Bakriw Tower ini bisa dibilang menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Dengan sentuhan kaca yang mengelili seluruh bagian gedung, dengan bentuk yang asimetris membuat gedung sangat menawan. Dengan tinggi hingga 210 meter, terlihat betapa megahnya gedung ini.

Pemakaian kaca yang cenderung gelap pun membuat kesan lebih fancy dan yang lebih canggihnya lagi, di setiap lekukan gedung ini bisa berputar dengan lawan arah. Hebat ya arsitekturnya?

3.Universitas Bina Nusantara, Alam Sutera

Universitas Bina Nusantara, Alam Sutera

Gedung perkuliahan yang didesain dengan menggunakan cahaya alami ini membuat bangunannya menjadi lebih hemat energi dan ramah lingkungan, karena terdapat jendela-jendal yang besar. Sehingga penggunaan AC pada gedung ini gak terlalu besar dan sebagai jalannya angin untuk masuk ke dalam gedung. Bentuknya yang unik mengingatkan kita kepada lego yang dibuat menyusun keatas secara berantakan. Gedung ini memiliki 22 lantai memiliki konsep green kampus dimana terdapat sistem penampungan air hujan yang akan di salurkan jika terjadi krisis air. Dan yang lebih hebatnya lagi, gedung ini didesain langsung oleh arsitektur Indonesia loh.

4.Menara Palma

Menara Palma

Pernah liat gedung dengan bentuk seperti huruf A? kalau belum pernah liat, kita kasih tau nih. Jadi di daerah Jakarta Selatan terdapat gedung yang bernama Menara Palma dengan desain yang unik. Walaupun gak terlalu mirip, tapi kedua sisi dari gedung tersebut dibuat miring sehingga menyeruapi huruf A. Dibagian tengahnya terdapat bangunan lurus biasa yang membuat seolah-olah kedua sisi tersebut bersandar ke bagian tengahnya. Menara tersebut pun dibuat sebagai gedung perkantoran.

5.Menara Karya

Menara Karya

Yang terakhir ada Menara Karya yang berlokasi di Kuningan tepatnya di Jakarta Selatan. Bangunan yang memiliki 26 lantai ini memang terlihat unik dan keren, dimana bentuknya yang asimetris namun menghasilkan karya yang sangat bagus. Bagian bawah dari gedung ini memiliki ukuran yagng lebih kecil, lalu dibagian tengah hingga keatas dibuat melebar. Kemudian dibagian atas pun terdapat bagian yang keluar, sehingga terlihat tumpukan yang keluar.

Itu dia 5 bangunan unik yang berada di Jakarta. Semoga persebaran gedung-gedung mewah di Indonesia bisa lebih luas dan semua orang bisa menikmati keindahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *